Friday 26 September 2014

[Cerpen] Senja di Taman Kenangan


Senja di Taman Kenangan
Oleh: Nur Rizky Putri Yuliyana




S

ore di taman bunga, gue masih celingukan nyariin seseorang. Di sepanjang perjalanan tadi, gue cuma mikirin gimana wajah temen kecil gue itu, Kanya. Apa dia masih cengeng kalo permennya gue rebut atau kalo gue ledekin? Dasar si Kanya cengeng! Eh, bukannya gue mau ngejelek-jelekin nama baik dia, tapi 98% hasil survei gue dulu nyatain kalo dia tuh cengeng. Ya beda lah sama gue yang......keren.

“Hmm...maaf mas, saya mau tanya...,” Tiba-tiba gue dikagetin sama suara lembut cewek. Cewek itu abis nuntun sepedanya yang warna pink. Kalo dilihat-lihat tampangnya cantik. Gue aja sampai bingung kenapa bidadari secantik dia bisa jatuh dari surga.
“Eh, nama saya...” Jawab gue gelagapan.
Gue langsung diem. Cewek itu ketawa pelan. Gue jadi bingung, bukannya tadi dia nanya nama gue?
Akhirnya cewek itu ngajak gue duduk di bangku taman. Cewek itu pake dress bernuansa peach, dengan kalem baca sebuah buku. Wajahnya oriental, perpaduan antara Chinese dan Indonesia. Kulitnya kuning langsat khas Indonesia, matanya cokelat, rambutnya hitam dikuncir, imut dengan jepit pita-nya. Sedikit mirip artis korea lah.
Jujur aja, gue cuma bisa ngelamun. Ngebayangin kalo cewek itu adalah Kanya. Tapi nggak mungkin kan?
Yang gue inget dari Kanya selain dia anak yang cengeng, dia juga suka sama warna pink. Penyuka pink berati manja. Sumpah ya, si Kanya itu emang manja banget. Saking manja-nya, kalo main boneka selalu gue temenin. Katanya sih dia takut kalo dia main sendirian. Ngeselin banget tuh anak! Gue jadi emosi sendiri, kenapa harus gue yang jadi korban dia? Cowok yang jadi korban permainan anak cewek? Tapi sebagai cowok yang keren, gue nggak boleh nolak permintaan cewek. Walaupun harus main permainan anak cewek.
Walaupun Kanya sering bikin gue gemes karna nguji kesabaran gue, gue sayang banget sama dia. Dia udah gue anggep sebagai adik. Dia juga sama, sayang sama gue.
“Mas, bukannya tadi lagi nunggu seseorang?”
“Iya, tapi orangnya belum datang.” Jawab gue. Cewek itu tersenyum manis. Persis senyumnya Kanya. Gue jadi inget si Kanya lagi. Gaya senyum dan ketawanya Kanya.
Kanya termasuk anak yang ‘humoris’, kadang dia bikin lelucon yang nggak jelas. Kanya emang anak yang lucu, tapi maksa. Di detik ini gue makin kangen sama dia.
10 tahun yang lalu...
“Kak Ardy, Kanya mau pergi jauh...” Ucap seorang gadis kecil berusia 7 tahun.
“Serius dek, emang mau jalan-jalan kemana?” Tanya seorang anak laki-laki yang dipanggil kakak itu.
“Kata ayah, Kanya harus pindah rumah, nggak bisa sekolah bareng kak Ardy lagi...” Mata  gadis kecil itu berkaca-kaca.
“Kakak yakin, suatu saat kita pasti ketemu lagi”
Gadis kecil itu terdiam.
“Saat sweet seventeen  Kanya, di taman ini...” Anak laki-laki itu mengangkat jari kelingkingnya dan disambut dengan dilingkarkannya jari kelingking kedua anak itu. Tanda lahirnya sebuah perjanjian.
“Kanya janji akan jadi adik yang baik..”
“Ini buat Kanya...” Anak laki-laki itu memberikan sapu tangan bertuliskan namanya.
Waktu perpisahan itu, dia bilang akan berubah demi gue. Apa mungkin?
Gue lirik jam tangan, pukul 17.30 WIB. Ternyata gue udah duduk manis di taman ini selama 2 jam. Sumpah, gue jadi sebel sama sifat ‘ngaret’-nya si Kanya.
Gue masih bingung, dulu dia sering bilang kalo gue orangnya nggak bisa diajak serius dan nggak pernah peduli sama dia. Kalo gue nggak peduli sama dia, udah dari tadi gue balik ke rumah. Sayangnya ada cewek cantik di samping gue. Sebagai cowok yang keren, gue nggak bakal tega buat ninggalin cewek sendirian. Apalagi dengan suasana senja yang romantis kayak gini. Persis nuansa film ‘Seven Something’-nya Thailand pas bagian Milk sama Puan naik sepeda bareng di taman. Bedanya, gue sama cewek itu lagi nggak naik sepeda.
“Mas, saya pulang dulu ya. Saya titip sapu tangan ini buat orang yang nyari saya,” Gue masih diem polos. “Oh iya, nama saya Kanya..” Refleks, gue liat sapu tangan itu, ada tulisan nama gue, ‘Ardy’.
Cewek itu pergi ninggalin taman, tanpa sempat gue tanya alasannya. Gue masih nggak sadar kalo ternyata cewek itu adalah Kanya. Orang yang selama ini gue tunggu. Kanya gue...


No comments:

Post a Comment